FORMAT EVALUASI

 

FORMAT EVALUASI SIKAP/PERILAKU SISWA

 

Nama        : …………………………       Tahun Pelajaran     :  2020/2021

Kelas         : X TSM                                      Mata Pelajaran       :  BAHASA INDONESIA

Semester   : 1 ( SATU )                                Satuan Pendidikan : SMK 1 LPPM CIASEM

 

Skala Penilaian       

5 = Selalu               : Bilamana sebuah perbuatan dilakukan berulang dan setiap saat.

4 = Sering               : Bilamana sebuah perbuatan dilakukan berulang dan dalam

                                 Frekuensi yang tinggi.

3 = Kadang-kadang: Bilamana sebuah perbuatan dilakukan tidak sering namun lebih

                                  Dari jarang.

2 = Jarang               : Bilamana sebuah perbuatan dilakukan berulang dan dalam

                                  Frekuensi yang rendah.

1 = Tidak pernah    : Bilamana sebuah perbuatan tidak pernah dilakukan sama sekali.

 

NO

ASPEK EVALUASI

SK/ KD

1

2

3

4

5

I

Kedisiplinan

 

 

 

 

 

 

1. Ketepatan waktu kehadiran di kelas

 

 

 

 

 

 

2. Keikutsertaan dalam kegiatan tatap muka dari awal sampai akhir

 

 

 

 

 

 

3. Kerapihan berpakaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku

 

 

 

 

 

 

4. Bersikap sopan dan santun sesuai dengan etika

 

 

 

 

 

 

5. Perhatian kepada proses pembelajaran dalam setiap mata pelajaran

 

 

 

 

 

II

Kerjasama

 

 

 

 

 

 

1. Tidak mendominasi di dalam kelas

 

 

 

 

 

 

2. Menerima pendapat orang lain

 

 

 

 

 

 

3. Berbagi informasi (sharing) kepada orang lain

 

 

 

 

 

 

4. Menempatkan diri dalam pergaulan di kelas/kelompok

 

 

 

 

 

 

5. Bersikap toleran kepada peserta lain yang membutuhkan

 

 

 

 

 

III

Prakarsa

 

 

 

 

 

 

1. Mengajukan saran atau gagasan dalam kelas/kelompok

 

 

 

 

 

 

2. Mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang bersangkut paut  

    dengan bahasan di kelas/kelompok

 

 

 

 

 

 

3. Keaktifan dalam bekerja di kelas/kelompok

 

 

 

 

 

 

4. Tanggap terhadap perkembangan kelas/kelompok

 

 

 

 

 

 

5. Kritis terhadap persoalan di kelas/kelompok

 

 

 

 

 

IV

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

 

1. Kesediaan melakukan tugas atau pekerjaan

 

 

 

 

 

 

2. Komitmen terhadap tugas/pekerjaan

 

 

 

 

 

 

3. Ketuntasan penyelesaian tugas/pekerjaan

 

 

 

 

 

 

4. Konsekuen terhadap tindakan yang dilakukan

 

 

 

 

 

 

5. Kepedulian terhadap tugas/pekerjaan

 

 

 

 

 

 

Skor  Total

 

 

 

 

 

 

SUBANG,   Juli 2020

                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran,

 

 

                                                                                

 

                 IWAN DARMAWAN,S.Pd


PANDUAN

 

 EVALUASI/PENILAIAN SIKAP/PERILAKU SISWA

 

 

I .  Penilaian sikap terdiri dari 4 aspek evaluasi (kedisiplinan, kerjasama, prakarsa dan

      tanggung jawab), masing-masing aspek terdiri dari 5 sub aspek. Guru dapat

      mengambil salah satu, lebih dari satu atau seluruh aspek evaluasi tergantung dari

      kompetensi/sub kompetensi yang akan dinilai.  

II.  Nilai maksimal penilaian sikap ini adalah 10,00 dengan passing grade >7,50

III. Berilah penilaian sikap/perilaku siswa, dengan cara memilih angka pada kolom

      skala (5,4,3,2,1) sesuai dengan kriteria/skala penilaian sebagai berikut:

      

5 = Selalu               : Bilamana sebuah perbuatan dilakukan berulang dan setiap saat.

4 = Sering               : Bilamana sebuah perbuatan dilakukan berulang dan dalam

                                 Frekuensi yang tinggi.

3 = Kadang-kadang: Bilamana sebuah perbuatan dilakukan tidak sering namun lebih

                                  Dari jarang.

2 = Jarang               : Bilamana sebuah perbuatan dilakukan berulang dan dalam

                                  Frekuensi yang rendah.

1 = Tidak pernah    : Bilamana sebuah perbuatan tidak pernah dilakukan sama sekali.

 

NO

ASPEK EVALUASI

SKALA

I

Kedisiplinan

 

 

 

 

 

 

1. Ketepatan waktu kehadiran di kelas

5

4

3

2

1

 

2. Keikutsertaan dalam kegiatan tatap muka dari awal sampai akhir

5

4

3

2

1

 

3. Kerapihan berpakaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku

5

4

3

2

1

 

4. Bersikap sopan dan santun sesuai dengan etika

5

4

3

2

1

 

5. Perhatian kepada proses pembelajaran dalam setiap mata pelajaran

5

4

3

2

1

II

Kerjasama

 

 

 

 

 

 

1. Tidak mendominasi di dalam kelas

5

4

3

2

1

 

2. Menerima pendapat orang lain

5

4

3

2

1

 

3. Berbagi informasi (sharing) kepada orang lain

5

4

3

2

1

 

4. Menempatkan diri dalam pergaulan di kelas/kelompok

5

4

3

2

1

 

5. Bersikap toleran kepada peserta lain yang membutuhkan

5

4

3

2

1

III

Prakarsa

 

 

 

 

 

 

1. Mengajukan saran atau gagasan dalam kelas/kelompok

5

4

3

2

1

 

2. Mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang bersangkut paut  

    dengan bahasan di kelas/kelompok

5

4

3

2

1

 

3. Keaktifan dalam bekerja di kelas/kelompok

5

4

3

2

1

 

4. Tanggap terhadap perkembangan kelas/kelompok

5

4

3

2

1

 

5. Kritis terhadap persoalan di kelas/kelompok

5

4

3

2

1

IV

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

 

1. Kesediaan melakukan tugas atau pekerjaan

5

4

3

2

1

 

2. Komitmen terhadap tugas/pekerjaan

5

4

3

2

1

 

3. Ketuntasan penyelesaian tugas/pekerjaan

5

4

3

2

1

 

4. Konsekuen terhadap tindakan yang dilakukan

5

4

3

2

1

 

5. Kepedulian terhadap tugas/pekerjaan

5

4

3

2

1

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh membuat makalah cerpen