FORMAT EVALUASI
FORMAT EVALUASI SIKAP/PERILAKU SISWA
Nama : ………………………… Tahun Pelajaran : 2020/2021
Kelas : X TSM Mata
Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Semester : 1 ( SATU ) Satuan
Pendidikan : SMK 1
LPPM CIASEM
Skala
Penilaian
5 = Selalu : Bilamana
sebuah perbuatan dilakukan berulang dan setiap saat.
4 = Sering : Bilamana
sebuah perbuatan dilakukan berulang dan dalam
Frekuensi yang
tinggi.
3 = Kadang-kadang:
Bilamana sebuah perbuatan dilakukan tidak sering namun lebih
Dari jarang.
2 = Jarang : Bilamana sebuah perbuatan dilakukan
berulang dan dalam
Frekuensi
yang rendah.
1 = Tidak
pernah : Bilamana sebuah perbuatan
tidak pernah dilakukan sama sekali.
NO |
ASPEK
EVALUASI |
SK/
KD |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
I |
Kedisiplinan |
|
|
|
|
|
|
1. Ketepatan
waktu kehadiran di kelas |
|
|
|
|
|
|
2. Keikutsertaan
dalam kegiatan tatap muka dari awal sampai akhir |
|
|
|
|
|
|
3. Kerapihan
berpakaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku |
|
|
|
|
|
|
4. Bersikap
sopan dan santun sesuai dengan etika |
|
|
|
|
|
|
5. Perhatian
kepada proses pembelajaran dalam setiap mata pelajaran |
|
|
|
|
|
II |
Kerjasama |
|
|
|
|
|
|
1. Tidak
mendominasi di dalam kelas |
|
|
|
|
|
|
2. Menerima
pendapat orang lain |
|
|
|
|
|
|
3. Berbagi
informasi (sharing) kepada orang lain |
|
|
|
|
|
|
4. Menempatkan
diri dalam pergaulan di kelas/kelompok |
|
|
|
|
|
|
5. Bersikap
toleran kepada peserta lain yang membutuhkan |
|
|
|
|
|
III |
Prakarsa |
|
|
|
|
|
|
1. Mengajukan
saran atau gagasan dalam kelas/kelompok |
|
|
|
|
|
|
2. Mengajukan
pertanyaan atau pernyataan yang bersangkut paut dengan bahasan di kelas/kelompok |
|
|
|
|
|
|
3. Keaktifan
dalam bekerja di kelas/kelompok |
|
|
|
|
|
|
4. Tanggap
terhadap perkembangan kelas/kelompok |
|
|
|
|
|
|
5. Kritis
terhadap persoalan di kelas/kelompok |
|
|
|
|
|
IV |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
|
1. Kesediaan
melakukan tugas atau pekerjaan |
|
|
|
|
|
|
2. Komitmen
terhadap tugas/pekerjaan |
|
|
|
|
|
|
3. Ketuntasan
penyelesaian tugas/pekerjaan |
|
|
|
|
|
|
4. Konsekuen
terhadap tindakan yang dilakukan |
|
|
|
|
|
|
5. Kepedulian
terhadap tugas/pekerjaan |
|
|
|
|
|
|
Skor Total |
|
|
|
|
|
SUBANG, Juli 2020
Guru Mata Pelajaran,
IWAN DARMAWAN,S.Pd
PANDUAN
EVALUASI/PENILAIAN
SIKAP/PERILAKU SISWA
I . Penilaian
sikap terdiri dari 4 aspek evaluasi (kedisiplinan, kerjasama, prakarsa dan
tanggung
jawab), masing-masing aspek terdiri dari 5 sub aspek. Guru dapat
mengambil salah satu, lebih dari satu atau
seluruh aspek evaluasi tergantung dari
kompetensi/sub kompetensi yang akan dinilai.
II. Nilai
maksimal penilaian sikap ini adalah 10,00 dengan passing grade >7,50
III. Berilah penilaian sikap/perilaku siswa,
dengan cara memilih angka pada kolom
skala (5,4,3,2,1) sesuai dengan kriteria/skala
penilaian sebagai berikut:
5 = Selalu : Bilamana sebuah perbuatan
dilakukan berulang dan setiap saat.
4 = Sering : Bilamana sebuah perbuatan
dilakukan berulang dan dalam
Frekuensi yang
tinggi.
3 = Kadang-kadang: Bilamana sebuah
perbuatan dilakukan tidak sering namun lebih
Dari jarang.
2 = Jarang : Bilamana sebuah perbuatan
dilakukan berulang dan dalam
Frekuensi
yang rendah.
1 = Tidak pernah : Bilamana sebuah perbuatan tidak pernah
dilakukan sama sekali.
NO |
ASPEK EVALUASI |
SKALA |
||||
I |
Kedisiplinan |
|
|
|
|
|
|
1. Ketepatan waktu
kehadiran di kelas |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
2. Keikutsertaan
dalam kegiatan tatap muka dari awal sampai akhir |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
3. Kerapihan
berpakaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
4. Bersikap
sopan dan santun sesuai dengan etika |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
5. Perhatian
kepada proses pembelajaran dalam setiap mata pelajaran |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
II |
Kerjasama |
|
|
|
|
|
|
1. Tidak
mendominasi di dalam kelas |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
2. Menerima
pendapat orang lain |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
3. Berbagi
informasi (sharing) kepada orang lain |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
4. Menempatkan
diri dalam pergaulan di kelas/kelompok |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
5. Bersikap
toleran kepada peserta lain yang membutuhkan |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
III |
Prakarsa |
|
|
|
|
|
|
1. Mengajukan
saran atau gagasan dalam kelas/kelompok |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
2. Mengajukan
pertanyaan atau pernyataan yang bersangkut paut dengan bahasan di kelas/kelompok |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
3. Keaktifan
dalam bekerja di kelas/kelompok |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
4. Tanggap
terhadap perkembangan kelas/kelompok |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
5. Kritis
terhadap persoalan di kelas/kelompok |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
IV |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
|
1. Kesediaan
melakukan tugas atau pekerjaan |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
2. Komitmen
terhadap tugas/pekerjaan |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
3. Ketuntasan
penyelesaian tugas/pekerjaan |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
4. Konsekuen
terhadap tindakan yang dilakukan |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
5. Kepedulian
terhadap tugas/pekerjaan |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
|
|
Komentar
Posting Komentar