RPP tema/mapel secara singkat yang memuat tahapan pembelajaran, indikator, alat bahan dan instrumen penilaian. Dalam tahapan yang dilakukan munculkan ke- giatan dirancang konsisten dengan penguatan integritas.

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah                                  : SMK 1 LPPM CIASEM

Mata Pelajaran                    : BAHASA INDONESIA

Kelas/Semester                     : X/1

Materi Pokok                          :Isi Pokok Laporan hasil Observasi ; Meminta Perhatian, Mengecek Pemahaman, Menghargai Kinerja, Meminta dan Mengungkapkan Pendapat

Alokasi Waktu                     : ( 6 X 30 Menit )

 

A.       Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

           Memahami tujuan komunikatif tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya

           Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dalam bahasa Inggris

 

B.       Media Pembelajaran, Alat/Bahan & Sumber Belajar

v  Media                  : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian

v  Alat/Bahan         : Smartphone dan laptop, Fasilitas iNTERNET

v  Sumber Belajar : Buku Penunjang Kurikulum 2013 Mata Bahasa Indonesia

                               l, Kelas X, Kemendikbud, Revisi Tahun 2013

                    

 

C.       Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi

selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :

Isi Pokok Laporan hasil Observasi lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

        Kegiatan Inti ( 130Menit )                                       

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi Pokok Laporan hasil Observasi lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya.

Berpikir Kritis

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi Pokok Laporan hasil Observasi lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan

mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya.

Kerja Kelompok

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi Pokok Laporan hasil Observasi dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya.

Diskusi

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang

Mempresentasikan

 

Kretifitas anak

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi Pokok Laporan hasil Observasi lisan dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya.

Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

 

D.       Penilaian Hasil Pembelajaran

-        Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan

 

 

Ciasem, 20 Juli 2020

Mengetahui

Kepala Sekolah

SMK 1 LPPM CIASEM                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

IWAN KURNIAWAN, S.Pi                                                            IWAN DARMAWAN, S.Pd

                                                                                                                       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh membuat makalah cerpen